Jumat, 04 Juni 2010

Kiat-Kiat Untuk Memperlancar Menulis

          Sebenarnya menulis adalah sesuatu yang mutlak dan setiap orang dapat melakukannya, hanya motivasi yang diperlukan dalam menulis, dan juga deadline, karena tanpa adanya hal-hal tersebut maka menulis akan menjadi sesuatu hal yang sangant membosankan. Berikut beberapa kiat agar dapat memperlancar kemampuan menulis anda:


Mulailah Secepatnya
Kalau anda seperti kebanyakan orang lain, segala sesuatunya tampak berjalan lebih lama daripada yang anda rencanakan, kerena itu tambahakan waktu ekstra dalam persiapan.

Putarlah Musik
Musik barok seperti orkestra dan klasik dapat membantu anda relaks dan membuat pikiran anda tenang.

Cari Waktu Yang Tepat
Beberapa orang sangat baik menulis pada pagi hari; yang lain, menjadi sangat putis setelah orang lain pergi tidur, temukanlah yang tepat untuk anda.

Lakukanlah Olahraga
Ini membuat anda segar dan memberikan oksigen yang cukup baik bagi otak, keduanya dapat membantu anda dalam menulis.

Bacalah Apa Saja
Majalah, Koran, novel, nonfiksi, kotak-kotak sereal, lirik-lirik lagu, ensiklopedia, buku-buku kutipan, peribahasa, puisi, Koran, dan cerita anak-anak-bacalah semuanya. Membaca membuat anda bersentuhan dengan kehidupan, penggunaan bahasa, dan gaya-gaya tulisan.

Mengkelompok-kelompokan pekerjaan
Lebih mudah untuk menghadapi proyek besar penulisan jika dipecah-pecah menjadi bagian lebih kecil. Karena itu, kerjakanlah pada bagian pada suatu saat. Rujuk juga proses penulisan.

Gunakan warna-warna
Ketika menulis draft kasar, gunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap bagian atau gagasan. Ini membantu anda melihat semua bagian kertas anda secara lebih baik.

ok, silahkan dicoba kalau berkenan.

Artikel Terkait :